Penyebab Lampu Mobil Redup Suzuki SBM Kupang

Penyebab Lampu Mobil Redup Sebelah & Cara Mengatasinya

Penyebab Lampu Mobil Redup Sebelah

Penyebab lampu mobil redup harus segera diketahui supaya Anda terhindar dari masalah berbahaya di jalanan. Baik itu seperti kecelakaan dan membahayakan kendaraan lainnya. 

Pada saat Anda berkendara di malam hari dan tidak terlalu jelas melihat jalan, penyebabnya bisa karena lampu yang bermasalah. Indikator kerusakan pada lampu bisa dideteksi dengan lampu yang mulai redup. 

Selain itu juga jika lampu sein rusak, maka indikator lampu sein di speedometer akan berkedip. Ada dua kemungkinan yang terjadi, lampu sein mulai redup atau justru mati total. 

Cukup berbahaya jika Anda membiarkan lampu sein mati dan lampu jarak dekat rusak. Ditambah lagi jika Anda memiliki kebiasaan untuk menyalakan lampu jarak jauh demi menggantikan lampu jarak dekat. 

Dampaknya sangat buruk bagi pengendara lain karena cukup menyilaukan sehingga mengganggu pengguna jalan. Oleh karena itu ketika Anda menyadari bahwa lampu redup segera cari tahu penyebabnya. 

Beberapa hal yang bisa menjadi pemicu adalah sebagai berikut:

  • Longgarnya Kabel dan Soket Lampu 

Penyebab lampu mobil redup yang pertama adalah pada bagian jalur kelistrikan seperti kabel dan soket. Pada sistem kelistrikan ada banyak sekali kabel yang tersambung di antaranya bisa saja menempel di body atau ground cable

Dampak yang didapatkan bukan hanya redup tetapi juga memicu konsleting. Untuk mengetahui mana kabel dan socket yang longgar Anda harus mengeceknya satu per satu. 

  • Kusamnya Reflektor

Selain kabel dan soket, kerusakan juga sering terjadi pada reflektor lampu. Reflektor ini berfungsi supaya pancaran dari lampu bisa menyebar dan memanjang. Namun jika pantulan yang dihasilkan buruk lampu pun akan meredup. 

Reflektor lampu ini bisa saja kotor karena beberapa penyebab seperti karat atau jarang dibersihkan. Pantulan lampu pun akan lebih sedikit yang menjadikan Anda sulit melihat jalan saat berkendara di malam hari atau cuaca berkabut. 

Selain karat, reflektor ini bisa kusam karena kondisi lingkungan baik itu cuaca dan suhu dari lampu mobil. Penyebab lampu mobil redup sebelah sebenarnya bisa dihindari jika Anda rutin servis lengkap. 

  • Kualitas Bohlam yang Buruk 

Apakah Anda pernah mengganti lampu bohlam bukan aslinya? Mungkin juga Anda mengganti bohlam di bengkel abal-abal? Bisa saja bohlam yang digunakan berkualitas buruk. 

Kualitas bohlam yang buruk ini juga bisa disebabkan usia bohlam sudah terlalu tua dan seharusnya sudah diganti. Lampu yang berkualitas buruk tidak bisa bertahan lama dan ciri akan mati adalah mulai redup. 

  • Matinya Relay Mobil 

Setiap mobil memiliki komponen relay pada sistem kelistrikan yaitu saklar elektrik yang dapat bekerja dengan adanya arus listrik. Kerusakan pada relay ini bisa jadi penyebab lampu mobil redup. 

Pada saat switch tidak bekerja bukan hanya lampu saja yang redup bahkan bisa saja mati ketika Anda sedang berkendara. Jadi setelah mengecek kondisi kabel dan socket sebaiknya Anda juga cek relay mobil ini. 

  • Voltase Lampu yang Tidak Sesuai 

Salah menggunakan lampu bisa juga jadi penyebabnya. Setiap mobil sudah memiliki standar lampu tersendiri, jika ukuran bohlam terlalu kecil tentu saja hasilnya akan redup. 

Tidak masalah jika Anda ingin mengganti warna lampu bohlam atau merek sesuai dengan keinginan. Namun yang wajib diperhatikan adalah soal besar kecilnya voltase. Membeli bohlam dengan voltase rendah atau tinggi bisa jadi penyebab lampu mobil redup sebelah. 

  • Putusnya Sekring Lampu Mobil 

Sekring adalah komponen paling penting bagi pada sistem kelistrikan karena untuk menghindari korsleting. Contohnya saja ketika ada kabel yang terkelupas dan soket kendor yang memicu arus listrik berlebih maka sekring akan putus. 

Ketika sekring putus maka lampu mobil akan redup sesuai dengan letaknya. Misalnya di sebelah kiri maka lampu kiri yang akan redup. Apabila sekring putus maka Anda juga harus mengecek apakah ada komponen yang menyebabkan arus berlebih. 

Cara Mengatasi Lampu Mobil Redup Sebelah

Usai mengenali semua penyebab lampu mobil redup sebelah ini, Anda tentunya harus segera memperbaikinya. Jika dibiarkan terus menerus maka lampu tidak hanya redup tetapi juga mati. 

Menghindari matinya lampu mobil beberapa cara mengatasi ini pun perlu dilakukan.

  • Cek Apakah Kualitas dan Daya Bohlam Sesuai Standar 

Pertama, Anda harus mengecek ulang apakah bohlam yang digunakan sudah sesuai dengan standar untuk mobil. Anda bisa mengecek [pada bohlam sebelumnya asli dari pabrik, bisa juga menanyakannya ke bengkel resmi. 

Ketika ukuran dayanya terlalu kecil atau besar sebaiknya Anda menggantinya. Dengan begitu lampu akan menyala terang kembali. 

  • Mengganti Relay Mobil 

Apabila penyebab lampu mobil redup adalah kerusakan relay maka Anda bisa menggantinya. Sebelum mengganti cobalah untuk menggoyangkan kabel ketika lampu menyala sedangkan mobil diam. 

Apabila ternyata lampu kembali terang artinya kerusakan bukan pada relay tetapi kendornya kabel. Namun jika relay yang mati, maka segera ganti di bengkel resmi agar ditangani oleh ahlinya. 

  • Memperbaiki atau Mengganti Sekring 

Sudah mengecek sekring dan bermasalah? Ada beberapa tahapan untuk mengatasinya. Pertama cobalah untuk melilitkan dua serabut tembaga ke bagian terminal. 

Kemudian pasang sekring headlamp di posisi yang benar dan nyalakan lampu. Apabila ternyata solusi pertama ini tidak bekerja Anda bisa langsung ke bengkel resmi agar sekring lama diganti yang baru. 

  • Mengganti Soket atau Kabel yang Rusak 

Kabel yang sudah mengelupas atau soket yang mati tidak bisa diperbaiki. Anda hanya perlu menggantinya supaya arus listrik kembali normal, jika tidak lampu akan terus menerus redup hingga mati. 

Khususnya jika kabel ternyata putus, maka arus listrik tidak dapat menyalakan lampu mobil. Hindari untuk menyambungkan kabel jika putus karena berpotensi konsleting dalam waktu dekat. 

  • Jangan Lupa Membersihkan Reflektor Mobil 

Meskipun tampak sepele, membersihkan reflektor mobil sangatlah penting. Karat pada reflektor muncul karena kotoran yang sudah menumpuk. Belum lagi jika cuaca di lingkungan mobil lembab bisa mempercepat timbulnya karat. 

Apabila reflektor selalu dalam keadaan bersih maka pantulan cahaya akan lebih terang dan terbebas dari karat. Membersihkan reflektor ini juga sebaiknya tidak dilakukan sembarangan, perlu diserahkan pada ahlinya. 

Tidak cukup hanya mengenali penyebab lampu mobil redup sebelah atau seluruhnya. Karena redupnya lampu adalah ciri terjadi kerusakan yang harus segera diatasi. 

Sebaiknya Anda datang ke bengkel resmi Suzuki SBM terdekat agar kerusakan tersebut bisa segera ditangani. Jangan menunggu lampu mati, karena bisa saja kerusakan semakin parah dan Anda harus keluar biaya lebih besar. 

Sosial Media

Kunjungi selalu sosial media kami untuk melihat promo produk yang masih berlaku saat ini. Konten-konten serta informasi menarik lainnya akan selalu kami Update pada sosial media kami.

Temukan Mobil Suzuki Yang Tepat Untuk Anda !

Rencanakan pembelian mobil Suzuki idaman Anda dengan baik, konsultasikan dengan wiraniaga kami. Wiraniaga kami siap mambantu anda dalam memilih solusi terbaik. Kami akan selalu berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk anda, baik before maupun after sales.

Kami melayani pembelian unit secara cash dan kredit dengan leasing terpercaya di kota Anda. Untuk mengetahui simulasi kredit Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu pada form Simulasi Kredit. Klik tombol di bawah, masukan nama dan nomer telephone atau handphone Anda dengan benar. Agar wiraniaga kami bisa menghubungi Anda. Wiraniaga kami siap membantu anda dalam malakukan proses kredit dengan leasing-leasing terpercaya di kota Anda.

🗳️ Pesan sekarang

Catatan: Standar dan pilihan perlengkapan yang tersedia mungkin berbeda di pasaran. Tanyakan pada dealer Anda, apakah spesifikasi dan ilustrasi yang merujuk ke model tersedia di daerah. SUZUKI berhak untuk mengubah harga, warna, bahan, perlengkapan, dan model, serta menghentikan model tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *